Kisah Terbentuknya Hari Musik Nasional

Selamat Hari Musik Nasional

      Pada 9 Maret 2013 Presiden Republik Indonesia saat itu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, melalui surat keputusan presiden No 10 tahun 2013 menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional. Tanggal 9 maret dipilih sebagai HMN karena tanggal tersebut merupakan hari lahir tokoh pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya , Bapak Wage Rudolf Soepratman. Penetapan HMN ini dilakukan untuk menghormati dan menghargai jasa WR Soepratman.

      Bapak WR Soepratman wafat ditanggal yang sama dengan tanggal paling bersejarah Bangsa Indonesia 17 Agustus di tahun 1938, sebelum beliau sempat mendengar hasil karyanya Lagu Indonesia Raya dinyanyikan pada saat pembacaan teks Proklamasi 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno.
Lagu Indonesia Raya ciptaan WR Soepratman sesungguhnya ada 3 stanza yang ditulis beliau pada tahun 1928. Indonesia Raya yang sering kita nyanyikan saat upacara hari senin waktu sekolah adalah Lagu Indonesia Raya  stanza 1 yang resmi ditetapkan oleh pemerintah melalui PP44 Tahun 1958.

      Sebenarnya diera Presiden Megawati penetapan Hari Musik Nasional sudah direncanakan entah ada faktor pertimbangan apa yang membuat HMN baru secara resmi diketok palu pada masa Presiden SBY, dan Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) adalah yang antusias dengan adanya penetapan tersebut oleh pemerintah.

Baca juga : Mengingat Kisah Sejarah Women's Day

      Musik pada masa perjuangan untuk bahasa pemersatu, setelah negara Indonesia merdeka menjadi salah satu media yang pas untuk mengungkapkan kritikan kepada pemerintah, seperti yang sudah dibuktikan oleh penyanyi senior dan legend Bung Iwan Fals di era 80-an sampai 90-an masa rezim Orde Baru. Musik ditangan Rhoma Irama seorang legend musik dangdut, musik menjadi media dakwah menyeru kepada kebaikan melalui konsep “NADAdan DAKWAH” yang dibuat Bang Haji Rhoma. Pasca Reformasi musik dijadikan komoditi dagang yang bisa menafkahi para pekerja seni musik.

      Sekilas sejarah yang berkaitan dengan penetapan hari musik nasional, semoga dengan adanya pengukuhan tanggal 9 Maret sebagai HMN apresiasi terhadap musik nasional atau musik dalam negri semakin baik kedepannya.


by : Rochmad


Kisah Terbentuknya Hari Musik Nasional Kisah Terbentuknya Hari Musik Nasional Reviewed by Ubed on 3/09/2017 02:57:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar