5 Tips Bagi Orang Tua Untuk Mendidik Anaknya Menjadi Mental Yang Tangguh


      Pendidikan yang pertama diperoleh seorang anak ialah dari orang tua. Mengasuh anak memang menjadi tanggung jawab besar orang tua, serta harus mampu mengarahkan ke hal yang baik dalam kehidupannya. Anak yang tidak tahu apa-apa tentang seluk beluk kehidupan di dunia ini merupakan tugas orang tua untuk memberi asupan pendidikan yang tepat agar anak mengerti apapun yang ada dalam dunia. Walau setiap orang tua memiliki caramnya sendiri-sendiri dalam mengasuh dan mendidik anaknya, namun jika kita mengikuti 5 cara paling mendasar saat mendidik anak akan lebih efektif. Berikut kelima cara tersebut:

1.   Gunakan jari telunjuk
      Dikutip dari familyshare.com, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Infant Behaviour & Development, balita bisa lebih cepat belajar dan memahami Bahasa kesehariannya ketika Ibu sambil menunjuk benda saat memberi tahu namanya. Dengan begitu, kejelasan makna akan mudah dipahami oleh anak kita, Mom. Menggunakan Bahasa tubuh dengan jelas akan membantu merangsang kinerja otak anak untuk memahami suatu benda tertentu atau Bahasa.

2.   Menggunakan intonasi lebih tinggi saat berbicara
      Saat bicara dengan si kecil, gunakan nada tinggi pada kalimat atau kata yang penting akna membantu mengingat lebih mudah bagi anak. Tata Bahasa yang digunakan cukup sederhana saja agar mudah dimengerti oleh balita. Kemampuan mengingat anak lebih baik saat di ajak bicara dengan nada lebih tinggi dari pada bicara datar, dengan nada tinggi akan timbul penekanan pada makna kata yang akan disampaikan, secara otomatis perhatian anakpun akan mengikuti apa maksud dari orang tuanya.

3.   Biarkan anak makan berantakan
      Ada sebuah penelitian di Development Secience, balita yang makan berantakan dapat mengembangkan kemampuan bahasanya lebih cepat. Ilmuan memiliki hipotesis bahwa anak akan mengalami kesulitan mengenalio objek yang susah di pegang (seperti sendok makan), namun pada saat itu ia mengalami proses belajar yang baik, karena anak-anak akna membedakan objek-objek yang pernah ia pegang. Mereka akan belajar sesuatu dari kegiatan yang suka membuat makanan berantakan.

4.   Jangan terlalu memanjakan anak
      Anak kecil pasti selalu manja. Minta ini itu harus langsung di turuti, namun memanjakan mereka memang baik, tapi jangan terlalu di manjakan. Tundalah untuk menuruti apa yang mereka minta, tunjukkan kesabaran untuk menunggu pada anak agar mereka mempunyai kemampuan kognitif yang baik. Dengan begitu anak akan mengalami akademis yang bagus di usianya.

5.   Izinkan anak menonton acara TV
      Banyak stasiun televisi yang menyajikan tontonan khusus anak-anak di segmen yang telah ditentukan. Dengan menonton tv juga membantu anak mengenali Bahasa atau nilai yang terkandung didalamnya. Tentunya acara yang di tonton tersebut memiliki nilai edukasi dan ditonton dalam kadar waktu yang cukup. Mendampingi anak menonton tv sangat bagus karena bisa sambil membimbing anak memahami acara yang ditonton serta melindungi anak dari acara yang belum pantas ditonton.

      Nah, kelima trik sudah di tunjukkan kepada mama. Tentunya menyesuaikan cara atau teknik mengasuh anak dengan kepribadian anak lebih efektif. Karena yang tahu tentang diri anak adalah masing-masing orang tua. Semoga bermanfaat tips yang telah diberikan, terus langganan artikel di Kendi Limo ya.


by : Ubet
5 Tips Bagi Orang Tua Untuk Mendidik Anaknya Menjadi Mental Yang Tangguh 5 Tips Bagi Orang Tua Untuk Mendidik Anaknya Menjadi Mental Yang Tangguh Reviewed by Ubed on 1/12/2017 01:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar