Inilah karya Bapak Soekarno yang terbesar di Indonesia

      Presiden soekarno, presiden pertama indonesia dan juga merupakan salah satu tokoh proklamasi adalah seorang seorang ahli teknik yang ahli dalam membuat arsitek bangunan yang sangat monumental. Latar belakang penddikan yang memang pernah mengenyam pendidikan di De Techniche Hoogeschool te Bandung atau sekarang lebih dikenal sebaagai Institut Teknologi Bandung atau ITB.
Nama beliau sebagai seorang arsitek sejajar dengan nama-nama arsitek besar lainnya, seperti Santiago Calatrava (spanyol), Zaha Hadid (Irak), Kenzo tange (jepang).
Beberapa bukti hasil karya beliau yang sampai saat ini masih berdiri kokoh antara lain:

1.   MONAS

      Monas salah satunya, monumen nasional ini merupakan karya presiden Soekarno untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam memerdekakan diri dari penjajahan. Monas ini dibuat oleh beliau pada tanggal 17 Agustus 1961, dan resmi dikenalkan pada 12 Juli 1975.

2.   Masjid Istiqlal

      Masjid terbesar se-Asia tenggara ini juga salah satu hasil karya beliau. Masjid ini mulai dib bangun 24 Agustus 1951, yang diarsiteki oleh Ir. Soekarno dan Frederich silaban. Masjid istiqlal ini mampu menampung jamaah lebih dari 200.000 jamaah.

Baca juga artikel ini : BUAT PARA PECINTA KOPI, NIKMATI BERWISATA DAN EDUKASI DI SECRET GARDEN VILLAGE

3.   Patung Dirgantara atau Patung Pancoran

      Patung dirgantara atau yang lebih dikenal dengan patung pancoran ini didesign langsung oleh presiden Soekarno. Patung  pancoran ini ketinggiannya 27 meter yang mempunyai makna sebagai karakter yang kuat bangsa indonesia dibidang dirgantara.

4.   Gedung Parlemen DPR dan MPR

      Gedung yang didirikan pada 8 Maret 1965, gedung yang dicetuskan oleh presiden Soekarno dalam rangka menyambut CONEFO (Conference Of The New Emerging Forces). Rancangan dari gedung kura-kura atau sebutan lain dari gedung Parlemen ini dibuat oleh Soejoedi Wirjoatmodjo.

5.   Stadion Senayan atau Stadion GBK

      Stadion sepak bola yang menjadi lambang supremasi persepak bolaan tanah air. Stadion hasil pemikiran dari presiden soekarno, stadion yang mempunyai kapasitas 120.000 ini dibangun dalam rangka menyambut Asian Games 1962.



by : Rohmad
Inilah karya Bapak Soekarno yang terbesar di Indonesia Inilah karya Bapak Soekarno yang terbesar di Indonesia Reviewed by Ubed on 1/02/2017 09:38:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar